Senin, 05 September 2011

Peluang bisnis merpati Potong 2

Menangkap Peluang dengan Merpati Potong


Burung merpati adalah termasuk jenis burung yangakrab dengan manusia. Merpati tak hanya dipelihara sebagai satwa kesayangan,yaitu sebagai ternak hias dan balap. Ternak yang dijadikan lambang kesetiaan(sifat monogamous = satu pasangan) dan perdamaian ini juga termasuk salah satupenghasil daging yang cukup baik.
Bagaimana tidak, dengan siklus yang relatif pendekyaitu 35 hari sepasang merpati sudah mampu menghasilkan keturunan. Ini berartidalam kurun waktu satu tahun sepasang merpati mampu menghasilkan keturunan 10kali dengan jumlah litter size 2 ekor.
Diantara kelebihan merpati dibandingkan denganbinatang lain adalah kemampuan mengenali medan, tidak banyak menuntutpersyaratan khusus untuk kelangsungan hidupnya, makanan dan perawatannya cukupmudah, gampang dikembangbiakkan, termasuk ternak yang mudah untuk dijinakkan,dan juga keragaman jenisnya.
Bagi kita yang sudah familiar dengan penghoby kuliner,tentu akan ingat lesehan-lesehan atau warung makan di pinggir jalan yangmenyajikan menu sari laut atau lainnya. Salah satu menu yang ditawarkan adalahmerpati goreng. Kalau yang dipotong piyek (squab) tentu tak jadi masalah, akantetapi kalau yang dipotong merpati tua dan afkir tentu menjadi masalah.Permintaan yang terus mengalir adalah sebuah peluang yang belum banyak di bacaorang.
Sungguh sangat sayang kalau peluang ini terlewatkanbegitu saja hanya karena pasokan yang belum mencukupi. Merpati potong tetapmenjanjikan peluang dan keuntungan walaupun penjualannya masih di tempat-tempattertentu karena harganya yang masih tinggi. Tapi perlu diingat, peluang barudengan sedikit ‘pemain’ yang menekuni, kemungkinan peluang berhasil sangattinggi.
Berikut adalah beberapa jenis merpati yang digolongkanberdasarkan tujuan pemeliharaannya :
1.Merpati pacuan (Carrier Pigeon)
Banyak diminati orang karena daya terbangnya kuat. Ciri-cirinya antara lain :sosok tubuh yang gagah tetapi terlihat ramping, bulu tipis dan kaku, kulit padatonjolan hidungnya tebal dan besar. Merpati pacuan memiliki kemampuan terbangsejauh 200 km, tetapi kemampuan merpati jelajah modern bias mencapai 1.500 km.Merpati yang termasuk jenis ini antara lain : Belgian homer, tumbler, flyingtipper, flight, merpati pos dan yang popular di Indonesia adalah merpati localyang dilatih untuk dijadikan merpati pacuan.
 2.Merpati Hias
Lahir karena nilai rekreatif dan kesenangan. Merpati hanya dipandang dari sudutkeindahan warna bulu dan bentuk tubuh. Merpati yang termasuk jenis ini antaralain : Jacobin (lebih terkenal dengan sebutan merpati jambul), Satinette (paruhpendek), English Pouter (jangkung), Frillback, dan Florentine. Merpati hiasyang popular di Indonesia adalah merpati kipas (Fantail).
 3.Merpati Konsumsi
Dikenal juga dengan sebutan merpati potong atau pedaging. Sebenarnya semuajenis merpati bias dijadikan merpati potong. Merpati yang termasuk jenis iniadalah Carneau dan Mondaine. Jenis merpati potong yang popular di Indonesiaadalah Hummer King. Anakan Hummer King umur satu bulan bisa mencapai bobot 6-7ons dan siap jual.*(SPt)
Silahkan mengutip atau mengkopi artikel ini denganmenuliskan sumbernya : www.sentralternak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar